Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Penelitian terbaru (seperti, Hunston, 2007; Hyland, 1999; 2008; 2009) telah menunjukkan dan membuktikan pentingnya penggunaan fitur-fitur kebahasaan secara efektif sebagai komponen utama dalam mengekspresikan sudut pandang dan sebagai bagian penting dalam berbagi pengetahuan dari sebuah komunitas wacana profesional dengan memberikan ruang negosiasi dan evaluasi terhadap cara pandang. Penelitian ini berkaitan dengan penggunaan pernyataan-pernyataan evaluasi dalam wacana akademik, yang fokus pada beberapa strategi komunikatif untuk menunjukkan sudut pandang. Dengan menggunakan pendekatan berbasis korpus, artikel-artikel jurnal dalam bidang linguistik terapan dan pengajaran bahasa yang disaring dari sepuluh jurnal terbaik dikumpulkan dan dianalisis secara sistematis. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa penulis yang profesional dan berpengalaman banyak menggunakan penanda sudut pandang, seperti modalitas epistemik, ekstraposisi “it”, kata kerja komunikasi, dan kata ganti benda personal secara bervariasi dalam hal jenis-jenis sudut pandang evaluatif fungsional yang berbeda-beda. Temuan dalam penelitian ini menyoroti pentingnya pemahaman terhadap penggunaan perangkat penanda sudut pandang di bidang akademis, untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih baik bagi para pembaca dan penulis pemula ketika menulis karya bersifat akademis. Secara pedagogis, paparan dalam penelitian ini memberikan kontribusi terhadap perkembangan bahasa praktis dan mata kuliah menulis akademis yang sesuai dalam komunitas wacana tertentu.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain