Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Makalah ini menawarkan sebuah alternatif dalam pengajaran mata kuliah tata bahasa fungsional dalam konteks pengajaran Bahasa Inggris tingkat universitas di Indonesia. Isu yang dibahas dalam makalah ini apakah mata kuliah tersebut mengharuskan mahasiswa untuk menganalisis teks secara langsung atau memberikan pengalaman membaca subjektif terlebih dahulu. Isu ini terinspirasi oleh pendekatan Jones dan Lock untuk pengajaran tata bahasa dalam konteks (2011). Makalah ini melaporkan sebuah kajian yang fokus pada dua fase terkait ketika menghadapi teks: merespons dan menganalisis. Dalam fase pertama, mahasiswa didorong untuk menggunakan salah satu pendekatan pribadi dalam merespons teks-teks tulisan berbahasa inggris. Mereka memiliki kebebasan untuk menentukan apakah teks-teks tersebut bermanfaat bagi mereka. McKee (2003) dan Lehtonen (2000) menyebutkan bahwa sebagai pengambil keputusan penuh dalam negosiasi makna, para pembaca melihat kebermanfaatan teks-teks dengan cara yang beragam. Dalam fase kedua, mahasiswa menggunakan sebuah analisis berbeda terhadap jenis teks yang berbeda.
Indonesian Journal of Applied Linguistics, Vol. 4 No. 1, July 2014, pp. 70-86
71
Kajian ini mengungkap bahwa keberhasilan sebuah analisis tekstual ditentukan oleh bagaimana para mahasiswa memahami teks tersebut. Analisis konteks situasi, contohnya, menjadi bermanfaat bagi mahasiswa setelah mereka menentukan posisi yang tepat sebagai seorang pembaca. Pada gilirannya, hal ini dapat membantu mahasiswa dalam memperoleh wawasan dalam struktur dan tata bahasa teks-teks tersebut.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain