Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apakah tahapan pengajaran pada pendekatan process-genre (PGA) meningkatkan kemampuan menulis teks Report siswa SMA yang dianalisis dari struktur skematik dan ciri kebahasaannya. Disain penelitian deskriptif menggunakan karakteristik studi kasus diterapkan (Nunan, 1992; Cresswell, 2012). Data diperoleh dari proses pengajaran dan analisis tulisan siswa. Kerangka dasar PGA adalah sintesis dari tahapan pengajaran pendekatan genre-based dan process-based (Badger & White, 2000; Emilia, 2010). Tulisan siswa dianalisis berdasarkan struktur skematik dan ciri kebahasaan teks Report berdasarkan kerangka
Pujianto et al., A process-genre approach to teaching writing report text
100
SFL GBA (Linguistic and Education Research Network, 1990; Gerot & Wignell, 1994; Halliday, 1994; Anderson & Anderson, 1997; Christie, 2005; Feez & Joyce, 2006; Hyland 2007; Emilia, 2012). Penelitian ini menunjukkan, pada aspek tertentu, PGA membantu mengembangkan kemampuan siswa menulis teks Report khususnya dalam hal pengetahuan genre, proses menulis, dan feedback dari teman dan guru yang dilihat dari proses pengajaran dan analisis struktur skematik dan ciri kebahasaannya. Namun, ditemukan pula bahwa siswa dengan pencapaian rendah membutuhkan tahapan modelling dan teacher-conference yang lebih panjang. Hasil penelitian ini diharapkan berkontribusi terhadap pemahaman para guru terhadap cara penerapan dan mengatasi masalah dalam implementasi PGA di kelas EFL di Indonesia, khususnya penekanan tahapan modelling bagi siswa dengan pencapaian rendah dan untuk pengajaran jenis teks dan keterampilan berbahasa lainnya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain