Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Kajian ini meneliti bagaimana tujuan instruksional guru mempengaruhi variasi pola
pertukaran interaksi antara guru dan para siswa dalam interaksi mereka di dalam kelas. Artikel
ini mencoba menemukan variasi-variasi pola pertukaran interaksi guru dan siswa dan untuk
mengobservasi bagaimana tujuan instruksional guru mempengaruhi variasi-variasi tersebut.
Data kajian diambil dari hasil observasi dan rekaman 90 menit interaksi kelas antara guru
praktik dan para siswa, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen. Hasil kajian
menunjukkan bahwa penggunaan pola pertukaran interaksi guru dan siswa bervariasi selama
aktivitas belajar. Sebuah pola pertukaran interaksi mendominasi aktivitas belajar dibandingkan
dengan yang lainya. Dengan kata lain, tujuan instruksional menciptakan aktivitas instruksional
yang menentukan terjadinya pola pertukaran tertentu melalui metode dan strategi tertentu.
Tujuan instruksional juga mempengaruhi strategi guru dalam memulai pertukaran, contohnya dalam strategi bertanya. Dominasi pola non-anomali dan sinoptik menunjukkan bahwa tujuan
instruksional membantu guru dalam menciptakan interaksi kelas yang relatif lebih mudah
ditangani. Namun demikian, tujuan instruksional dalam beberapa hal, dapat menghambat
inisiasi guru dalam mengembangkan interaksi. Kajian ini diharapkan mampu meningkatkan
kesadaran guru dalam meningkatkan rencanal instruksional mereka seperti rencana
pembelajaran dan mempertimbangkan beberapa kemungkinan pengaruh negatif dari terlalu
banyaknya mengandalkan rencana pembelajaran. Hal tersebut juga dapat menjadi sebuah
penjelasan reflektif bagi para peneliti untuk mempertimbangkan tujuan pembelajaran mereka
ketika menganalisis interaksi kelas.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain