Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keefektifan strategi PQRST terhadap membaca pemahaman siswa, keefektifan strategi PQRST terhadap membaca pemahaman siswa dengan beragam gaya belajar, dan interaksi antara strategi PQRST dan gaya belajar siswa. Penelitian ini menerapkan desain faktorial 2x2. Para partisipan penelitian adalah mahasiswa semester 2 jurusan Administrasi Umum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bondowoso. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Strategi PQRST diajarkan di kelas eksperimen, sementara strategi menerjemahkan dan membaca keras diajarkan di kelas non-eksperimen. Data kemudian dianalisis menggunakan uji non-parametrik, yakni Mann–Whitney U dan Kruskall-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PQRST secara statistik mempengaruhi membaca pemahaman dibandingkan strategi menerjemahkan dan membaca keras. Namun, tidak ditemukan perbedaan antara membaca pemahaman siswa dengan gaya belajar, baik di kelas yang diajari strategi PQRST maupun strategi menerjemahkan dan membaca keras. Selain itu, tidak ditemukan interaksi antara strategi mengajar dan gaya belajar siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain