Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Didasari oleh aspek-aspek utama pengujian bahasa komunikatif yang dirumuskan oleh Bachman, makalah ini bertujuan untuk meneliti validitas soal-soal ujian keterampilan menyimak CET-4 di Cina dari sudut pandang komunikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis material dilakukan secara kualitatif, yaitu analisis terhadap silabus CET-4 dan kedelapan jenis ujian keterampilan menyimak CET-4 yang baru. Nilai-nilai siswa dari dua jenis tes dan kuesioner dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal-soal ujian menyimak CET-4 memiliki validitas tinggi dan dapat mengukur keterampilan menyimak para pe-
1 This is a product of "The Young Talent Program of Beijing Municipal Educational Committee”, (Project code: PXM2014_014222_000075).
Indonesian Journal of Applied Linguistics, Vol. 4 No. 1, July 2014, pp. 109-121
110
serta tes dalam konteks komunikasi yang sebenarnya. Pertama, soal-soal ujian menyimak CET-4 yang baru memiliki reabilitas. Kedua, ketujuh keterampilan menyimak yang diujikan dapat men-gukur kemampuan bahasa komunikatif seperti tercantum di dalam silabus ujian. Analisis in-tra-korelasi menunjukkan bahwa setiap bagian dari tes menyimak CET-4 fokus pada kemampuan menyimak yang berbeda-beda. Ketiga, keaslian tes menyimak CET-4 meraih tingkat memuaskan. Materi-materi tes mencakup beragam topik dan genre. Pengucapan kata, nada dan kecepatan penu-tur sesuai dengan konteks pembicaraan yang sebenarnya. Namun, terdapat beberapa kekurangan pada desain tes yang semestinya diperbaharui. Diantaranya, keragaman jenis soal yang terbatas se-hingga tidak mewakili jenis kegiatan di kehidupan nyata dan input bahasanya yang terlalu asli.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain