Text
PENGINTEGRASIAN KONSEP BIOKONSERVASI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN LITERASI DAN KESADARAN LINGKUNGAN DI KALANGAN SISWA
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan
pengintegrasian konsep biokonservasi dalam pembelajaran biologi sebagai upaya menumbuhkan
literasi dan kesadaran lingkungan di kalangan siswa SMA. Pengembangan pembelajaran biologi
dengan pengintegrasian konsep biokonservasi dilakukan dengan pendekatan kontekstual Aceh
melalui kegiatan pembelajaran yang mengkaji permasalahan biologi konservasi hutan dan
lingkungan terestrial Aceh. Penelitian ini menerapkan desain penelitian kualitatif (Qualitative
Research), dilakukan analisis pengembangan yang berhubungan dengan isu-isu lingkungan Aceh.
Dari analisis pengembangan ini diperoleh hasil bahwa pengintegrasian konsep biokonservasi
dalam pembelajaran biologi dapat dilakukan dengan pendekatan kontekstual Aceh. Kegiatan
pembelajaran mengkaji permasalahan biologi konservasi hutan dan lingkungan terestrial Aceh;
pembelajaran yang efektif, terintegrasi dalam pembelajaran dan kegiatan lapangan yang dapat
memperjelas pembelajaran di kelas; fokus pembelajaran menekankan pada kemampuan
pengetahuan dan keterampilan agar siswa peduli terhadap hutan dan lingkungan terrestrial;
ditujukan untuk mengembangkan literasi lingkungan, kesadaran lingkungan, dan tindakan
konservasi secara nyata; dan menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi.
Kata kunci : pengembangan pembelajaran biologi, pengintegrasian konsep biokonservasi,
literasi lingkungan, kesadaran lingkungan, pendekatan kontekstual Aceh
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain