Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Artikel ini menggambarkan secara kritis tantangan utama bagi yang dihadapi
oleh guru bahasa Inggris di Indonesia. Subjek dari penelitian ini adalah para siswa dan para
guru bahasa Inggris di dua belas SMP negeri dan swasta yang dipilih secara acak di lima
kecamatan Privinsi Yogyakarta. Jadwal survei, wawancara dengan guru bahasa Inggris,
FGD dengan para siswa dan observasi kelas digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil
menunjukkan bahwa motivasi belajar para siswa lebih cenderung merupakan motivasi
instrumental karena bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan
dalam ujian nasional walaupun saat ini bahasa Inggris juga merupakan bahasa global dan
kurikulum 2006 memiliki tujuan kompetensi komunikatif. Di sisi lain, data menunjukkan
bahwa para guru merasa bahwa bahasa Inggris sulit digunakan di dalam kelas.
Pembelajaran kebanyakan dilakukan dengan sedikit bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.
Guru mengatakan bahwa hal itu disebabkan rendahnya motivasi siswa: nyatanya, ada
keinginan dari para siswa untuk menyimak guru sebagai model ungkapan-ungkapan
berbahasa Inggris. Guru perlu memotivasi para siswa belajar bahasa Inggris dengan mengembangkan teknik pengajaran dan juga kompetensi berbicara mereka di dalam kelas
untuk mencapai motivasi integratif siswa karena bahasa Inggris sangat bermanfaat bagi
mereka.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain