Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Kajian ini fokus pada motivasi siswa Jepang dan perilaku atitudinal
lainnya dalam belajar bahasa Inggris. Penulis melakukan survey terhadap motivasi
siswa kelas 5 dan 6 dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di sebuah sekolah
dasar di Jepang pada akhir tahun ajaran 2007 dan 2008. Fokus utama kajian ini
adalah untuk menemukan hubungan antara motivasi dan faktor-faktor pengaruhnya
menggunakan data dari tahun 2007 dan 2008 dan meneliti perbedaan sikap siswa
dalam dua tahun ajaran tersebut. Sejak tahun ajaran 2008, siswa telah menerima
pelajaran tidak hanya dari asisten guru bahasa (ALT), tapi juga dari guru wali kelas
mereka (HRT). Temuan menunjukkan bahwa hasil di tahun 2008 dan 2007 sama
dalam semua nilai, tapi nilai “Motivasi” meningkat di tahun 2008 dibanding tahun
sebelumnya. Lebih dari itu, “orang-orang di sekitar pembelajar” mempengaruhi
motivasi dengan lebih positif. Akhirnya, kajian ini menghadirkan model yang bisa
disarankan menjadi salah satu model motivasi untuk siswa Jepang dalam aktivitas
bahasa Inggris. Penulis menyimpulkan bahwa keterlibatan wali kelas secara umum
memberikan pengaruh yang baik pada sikap siswa di sekolah dasar ini.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain