Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Penelitian ini menyelidiki perkembangan pilihan bahasa siswa dalam mata kuliah
menulis akademik di sebuah universitas berbahasa Inggris di Thailand. Bagian pertama
melihat tulisan di semester pertama mahasiswa program bahasa Inggris di universitas
tersebut untuk melihat kemampuan menulis mahasiswa saat mereka masuk universitas.
Tujuh puluh dua sampel tulisan mahasiswa tingkat pertama dikumpulkan, tapi hanya 12
yang dipilih secara acak untuk kajian ini agar bisa dibandingkan kemajuannya setelah
empat belas minggu (satu semester). Bagian kedua penelitian ini melihat jurnal hasil tulisan
mahasiswa di akhir semester ke dua tahun pertama mereka, setelah penerapan program
menulis menggunakan kerangka teori yang dikembangkan di Australia (Derewianka 2003).
Bagian ketiga dari penelitian ini menyelidiki perkembangan tulisan mahasiswa menuju
tahun ketiga mereka dengan rujukan khusus terhadap tulisan akademis mereka dalam
program bahasa Inggris untuk bisnis karena universitas tersebut terkenal dalam bidang
kajian itu. Landasan teori yang digunakan untuk menganalisis tulisan mahasiswa ini adalah
pendekatan fungsional sistemik (Halliday dan Matthiessen, 2004). Untuk memberikan
masukan terhadap makna dan ketepat-gunaan teks, tata bahasa wacana harus fungsional dan semantik dalam orientasinya, dimana kategori ketatabahasaannya dijelaskan sebagai
perwujudan dari pola-pola semantik. Makalah ini akan membahas perkembangan
kelompok nominal (Nominal Group = NG) dalam tulisan siswa pada posisi TEMA, karena
hal ini dirasa sebagai masalah besar dalam perkembangan wacana akademis. Akan tetapi,
NG dalam Rema juga akan diamati, karena merupakan bagian dari struktur teks, dimana
kelompok nominal majemuk diharapkan akan menjadi bagian dari informasi baru. Analisa
yang dihasilkan menunjukkan bahwa awalnya mahasiswa memiliki keterbatasan ilmu
akan genre yang berbeda-beda dan menggunakan pilihan tata bahasa dan leksikon yang
sama terbatasnya. Setelah penerapan pendekatan mengajar yang baru di semester kedua
tahun pertama mereka, beberapa perbaikan nampak. Selama tahun ketiga program bahasa
Inggris, peningkatan dalam genre tulisan yang digunakan dalam tulisan “bisnis,” seperti
laporan, nampak jelas.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain