Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris dari para siswa Indonesia
dalam kerangka kedwibahasaan cukup menantang untuk diteliti oleh para peneliti
bahasa. Hal tersebut terjadi karena masih kurang didalaminya bidang penelitian
kedwibahasaan di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan kompetensi berbahasa
Inggris. Padahal, Indonesia dengan latar belakang linguistik yang begitu beragam
merupakan lahan subur untuk penelitian di bidang tersebut. Penelitian kecil ini
berfokus pada kemampuan scanning dalam Bahasa Inggris dari empatpuluh tiga
siswa sekolah dasar. Empat puluh sembilan persen dari subyek penelitian ini
berbahasa tunggal, yaitu Bahasa Indonesia di rumah dan di sekolah, dan sisanya
berbahasa Indonesia di sekolah dan berbahasa daerah di rumahnya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara umum hasil tes kemampuan scanning siswa yang hanya
berbahasa Indonesia mengungguli siswa yang berdwibahasa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain