Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Umpan balik sebagai bagian dari tuturan guru memiliki peran penting dalam
pembelajaran bahasa. Umpan balik tidak hanya memberikan penguatan untuk
mempertahankan perilaku baik para siswa, tapi juga menjadikan para siswa tersebut sadar atas
kesalahan yang mereka buat selama proses belajar mengajar sehingga mereka dapat
memperbaiki kesalahan tersebut. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis
ungkapan umpan balik, baik umpan balik positif maupun negatif, yang digunakan para guru
dalam proses belajar mengajar. Fokus kajian ini adalah umpan balik lisan guru. Untuk
mengumpulkan data kajian, seorang guru bahasa inggris dan para siswanya yang sedang
belajar bahasa inggris sebagai bahasa asing diobservasi dalam proses belajar mengajar.
Interaksi mereka di kelas direkam, dibuat catatan rekaman, dan kemudian dianalisis untuk
mengetahui jenis-jenis ungkapan umpan balik selama interaksi. Hasil kajian menunjukkan
bahwa guru menggunakan umpan balik positif dan negatif dalam proses belajar mengajar.
Dalam hal umpan balik positif, guru tersebut seringkali menggunakan pengulangan, yang
diikuti oleh pujian dan penguatan. Dalam hal umpan balik negatif, guru juga menggunakan
ungkapan umpan balik yang beragam, meliputi pengulangan sebagai umpan balik yang sering
digunakan, diikuti oleh perombakan, permintaan klarifikasi, elisitasi, koreksi ekplisit, dan
memberikan petunjuk.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain