Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Kajian ini adalah bagian dari kajian yang lebih besar yang meneliti teori-
teori (kepercayaan) pribadi guru sehubungan dengan pengajaran dan pembelajaran
bahasa Inggris. Dengan melibatkan empat puluh dua guru bahasa Inggris dari lima
belas Sekolah Menengah Pertama di kota Sukabumi, Jawa Barat, kajian “survey
penampang silang” ini memanfaatkan data yang diperoleh dari angket terbuka-
tertutup. Dari total 3696 data mentah, satuan data kemudian dianalisis secara kualitatif
dan kuantitatif. Temuan-temuan yang relevan berkenaan dengan penerapan kurikulum
dalam proses sehari-hari pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris menunjukkan
adanya ketimpangan antara kurikulum yang diberikan, seperti yang ditetapkan oleh
pemerintah, dan kurikulum yang diterapkan di tingkat kelas. Ketidaksesuaian ini
menyimpangkan arah penerapan kurikulum dan membawa pada tingkat pencapaian
tujuan-tujuan utama pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris yang berbeda dari
yang dinyatakan dalam kurikulum yang diamanatkan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain