Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Makalah ini berusaha untuk menyelidiki perbedaan-perbedaan gender dalam gaya
belajar bahasa dan strategi-strategi belajar bahasa. Kajian ini menggunakan angket pilihan
gaya belajar perseptual (the perceptual learning-style preference questionnaire (PLSPQ))
untuk menyelidiki pilihan-pilihan gaya belajar dan Inventaris Strategi untuk Belajar Bahasa
(the Strategy Inventory for Language Learning (SILL)) versi 7.0 yang dirancang oleh Oxford
(1990) untuk menemukan pilihan-pilihan strategi belajar mahasiswa Universitas di Fakultas
Teknologi Komunikasi dan Informasi. Angket-angket tersebut diberikan pada 150
pembelajar. Hasilnya menunjukkan bahwa gender memang memiliki pengaruh terhadap gaya
belajar bahasa, tapi tidak berpengaruh pada strategi-strategi belajar bahasa. Implikasi dari
hasil ini bagi para guru dan pembelajar bahasa juga dihadirkan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain