Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Kajian pendahuluan ini merupakan sebuah studi kasus yang dilakukan untuk memahami pengaruh pendekatan pengajaran reflektif terhadap kinerja mengajar guru bahasa
Inggris dalam program intensif pelatihan guru, dan untuk mengetahui umpan balik terhadap
program yang mereka ikuti. Tiga belas guru bahasa Inggris yang memiliki pengalaman
mengajar 1 sampai 5 tahun ikut berpartisipasi dalam program pelatihan 3 minggu dengan 54
jam pelatihan. Selama program intensif tersebut, guru diminta untuk membuat rencana
pembelajaran dan melaksanakan rencana pembelajaran tersebut, sementara guru-guru yang
lainnya memberikan umpan balik yang konstruktif. Selain itu, guru yang melaksanakan
rencana pembelajaran tersebut melakukan penilaian diri dan melakukan refleksi mengenai
pengajarannya. Melalui beberapa siklus peragaan mengajar, penilaian teman sebaya,
penilaian dan refleksi diri, kebanyakan guru berpendapat bahwa pendekatan pengajaran
reflektif berguna untuk mempertajam keterampilan mengajar, memperkaya strategi mengajar
dan keterampilan pengelolaan kelas, dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap
pentingnya memperhatikan pengajaran secara reflektif mereka di masa depan dan pentingnya
refleksi terhadap pengajaran mereka. Untuk memberikan input dan inspirasi kepada mereka,
guru-guru berpengalaman yang memiliki ide-ide kreatif diundang sebagai pembicara tamu,
dan umpan balik positif dari mereka dirangkum. Hasil temuan dari kajian ini diharapkan
mampu memberikan inspirasi pedagogis bagi bidang yang berkaitan, terutama pelatihan guru
bahasa Inggris dalam konteks EFL.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain