Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Dalam perjalanan menjadi seorang profesional, setiap guru akan melewati
beragam proses dan tantangan yang bersifat kognitif, fisik, maupun emosional.
Diantara berbagai hal yang umumnya harus dilewati adalah pengalaman mengajar
untuk pertama kalinya yang biasanya diperoleh dalam program praktik lapangan,
terutama pada saat mereka menjalani pendidikan guru di tingkat akhir. Tulisan ini
mengupas jenis-jenis kesulitan pengajaran serta upaya penanganan kesulitan tersebut
oleh para guru bahasa Inggris pemula (mahasiswa calon guru bahasa Inggris) selama
menjalani praktik mengajar di 14 sekolah menengah berbeda di kota Bandung.
Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang bersifat kualitatif, dengan
penggunaan wawancara sebagai alat utama dalam mengumpulkan data. Penelitian ini
melibatkan partisipasi dari para mahasiswa yang terdaftar dalam mata kuliah Belajar
dan Pembelajaran Bahasa Inggris, terutama dalam melakukan wawancara terhadap 14
mahasiswa senior yang sedang melakukan praktik mengajar di lapangan, sebagai salah
satu bentuk tagihan tugas mata kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-
bentuk kesulitan pengajaran yang dihadapi pada dasarnya dapat dipetakan ke dalam
tiga bagian besar, yakni terkait siswa, terkait guru pamong, dan terkait mahasiswa
calon guru itu sendiri. Bentuk-bentuk upaya penanganan kesulitan pengajaran yang
dihadapi pun dikupas pada bagian pembahasan, disertai dengan beberapa kesimpulan
dan saran terutama terkait pengembangan kualitas pendidikan guru bahasa Inggris.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain