Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Di Indonesia, upaya penyadaran pentingnya isu penyetaraan gender
dalam buku ajar sekolah masih belum banyak dilakukan. Untuk itu, penelitian
ini dilakukan sebagai salah satu cara penyadaran isu gender dengan
menginvestigasi representasi gender dalam buku ajar. Penelitian ini
menggunakan analisis teks terhadap empat buku ajar yang digunakan di sekolah
dasar. Fokus analisisnya adalah pada gambar ilustrasi yang menyertai teks
tertulis seperti bagian bacaan. Gambar tersebut dianalisis dengan menggunakan
teori ‗Visual Grammar‘ yang dikembangkan oleh Kress dan van Leeuween.
Hasilnya menunjukkan bahwa gambar-gambar tersebut merepresentasikan
ketidaksetaraan gender. Perempuan digambarkan sebagai sosok yang tergantung
pada orang lain dibandingkan laki-laki yang mandiri dan mereka berlaku sebagai
pengagum pekerjaan yang dilakukan laki-laki. Berdasarkan hasil temuannya,
penelitian ini merekomendasikan upaya yang lebih serius dalam menampilkan
peran gender yang seimbang dan tidak hanya ditampilkan dalam teks tulis
namun juga dalam gambar karena pada dasarnya makna dikonstruksi secara
multimodal.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain