Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Buku pelajaran bisa mempengaruhi perilaku, sudut pandang, dan pilihan bahasa
para pelajar dalam komunikasi bahasa asing atau bahasa kedua mereka. Pajanan atas
beragam cara orang-orang berkomunikasi bisa mempengaruhi sudut pandang para siswa.
Kajian ini merupakan upaya untuk mencermati beberapa bidang yang berpotensi
mengandung bias gender dalam representasi perempuan dan laki-laki pada buku pelajaran
Bahasa Inggris pra-universitas, sebuah buku pengajaran bahasa Inggris yang terdiri atas dua
volume yang diajarkan di sekolah-sekolah menengah di Iran. Untuk mengevaluasi buku
pelajaran ini, analisa isi dilakukan untuk hal-hal yang berkaitan dengan bias gender,
kenetralan gender, keumuman pria, dan kepertamaan dalam teks bacaan, perintah, latihan,
dan ilustrasi. Frekuensi dan persentase nama-nama, kata-kata benda, kata-kata ganti, dan
gambar-gambar yang dihubungkan dengan tiap gender (yaitu, lelaki dan perempuan)
diperoleh dan chi-square digunakan untuk mengolah data. Secara umum, nama-nama, katakata
benda,
kata-kata
ganti,
dan
gambar-gambar
yang
berkaitan
dengan
laki-laki
jumlahnya melebihi jumlah yang dihubungkan dengan perempuan. Selain itu, ada perbedaan yang
secara statistik signifikan antara laki-laki dan perempuan di kedua volume buku pelajaran
pra-universitas tersebut dalam hal-hal yang disebutkan di atas. Juga, istilah-istilah yang
berorientasi pada laki-laki lebih sering muncul pada urutan pertama. Akan tetapi, tidak ada
perbedaan yang signifikan antara kata-kata ganti laki-laki dan perempuan diantara kedua
volume tersebut, meskipun persentase kata-kata ganti pria lebih tinggi. Lebih jauh lagi, buku
pelajaran memasukkan kata-kata benda dan kata-kata ganti yang netral terhadap gender,
yaitu yang tidak memiliki orientasi gender. Temuan-temuan menunjukkan bahwa buku
pelajaran Bahasa Inggris pra-universitas tersebut berorientasi pada laki-laki dan bias secara
gender sehubungan dengan nama-nama, kata-kata benda, kepertamaan, dan gambar-gambar
yang dihubungkan dengannya, meskipun beberapa upaya dilakukan untuk menghindari
orientasi gender yang lebih khusus.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain