Perpustakaan SMPN 1 Sindang

  • Beranda
  • login
  • visitor
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS

Ali Roohani - Nama Orang; Mandani Zarei - Nama Orang;

Abstrak: Buku pelajaran bisa mempengaruhi perilaku, sudut pandang, dan pilihan bahasa
para pelajar dalam komunikasi bahasa asing atau bahasa kedua mereka. Pajanan atas
beragam cara orang-orang berkomunikasi bisa mempengaruhi sudut pandang para siswa.
Kajian ini merupakan upaya untuk mencermati beberapa bidang yang berpotensi
mengandung bias gender dalam representasi perempuan dan laki-laki pada buku pelajaran
Bahasa Inggris pra-universitas, sebuah buku pengajaran bahasa Inggris yang terdiri atas dua
volume yang diajarkan di sekolah-sekolah menengah di Iran. Untuk mengevaluasi buku
pelajaran ini, analisa isi dilakukan untuk hal-hal yang berkaitan dengan bias gender,
kenetralan gender, keumuman pria, dan kepertamaan dalam teks bacaan, perintah, latihan,
dan ilustrasi. Frekuensi dan persentase nama-nama, kata-kata benda, kata-kata ganti, dan
gambar-gambar yang dihubungkan dengan tiap gender (yaitu, lelaki dan perempuan)
diperoleh dan chi-square digunakan untuk mengolah data. Secara umum, nama-nama, katakata
benda,
kata-kata
ganti,
dan
gambar-gambar
yang
berkaitan
dengan
laki-laki
jumlahnya melebihi jumlah yang dihubungkan dengan perempuan. Selain itu, ada perbedaan yang
secara statistik signifikan antara laki-laki dan perempuan di kedua volume buku pelajaran
pra-universitas tersebut dalam hal-hal yang disebutkan di atas. Juga, istilah-istilah yang
berorientasi pada laki-laki lebih sering muncul pada urutan pertama. Akan tetapi, tidak ada
perbedaan yang signifikan antara kata-kata ganti laki-laki dan perempuan diantara kedua
volume tersebut, meskipun persentase kata-kata ganti pria lebih tinggi. Lebih jauh lagi, buku
pelajaran memasukkan kata-kata benda dan kata-kata ganti yang netral terhadap gender,
yaitu yang tidak memiliki orientasi gender. Temuan-temuan menunjukkan bahwa buku
pelajaran Bahasa Inggris pra-universitas tersebut berorientasi pada laki-laki dan bias secara
gender sehubungan dengan nama-nama, kata-kata benda, kepertamaan, dan gambar-gambar
yang dihubungkan dengannya, meskipun beberapa upaya dilakukan untuk menghindari
orientasi gender yang lebih khusus.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
Reading Interest and Habits/Kebiasaan Membaca, Minat Baca
No. Panggil
510 ALI e
Penerbit
bandung : upi.edu., 2013
Deskripsi Fisik
hlm 164.;20cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Politik Pemerintahan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ali Roohani
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • EVALUATING GENDER-BIAS IN THE IRANIAN PREUNIVERSITY ENGLISH TEXTBOOKS
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan SMPN 1 Sindang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?