Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Artikel ini melaporkan sebuah penelitian tentang analisis asertivitas dari argumen
siswa yang tergabung dalam kelompok debat di sebuah Sekolah Menengah Atasswasta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat asertivitas dari argumen pada
kegiatan debat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus kualitatif yang
berfokus pada analisis teks dan melibatkan aktifitas debat siswa Sekolah Menengah Atas.
Data diperoleh dari hasil observasi kegiatan debat siswa yang direkam dan dianalisis
menggunakan teori debat, teori asertivitas dalam komunikasi verbal, dan analisismood dan
modality dari Halliday. Analisis teks tersebut meliputi mood type, mood adjunct
(conjunctive adjunct), mood metaphor, modality type, modality value, orientation and
manifestation of modality, dan modality metaphor. Hasil temuan penelitian ini
menunjukkan bahwa tingkat asertivitas dalam argumentasi diukur dengan jumlah total dari
declarative mood, conjunctive adjunct, high value of modality, explicit subjective modality,
dan explicit subjective modality metaphor. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat
asertivitas dipengaruhi oleh cara siswa menyampaikan argumen dalam berdebat. Oleh
karena itu, siswa membutuhkan cara yang beragam untuk membuat argumen mereka lebih
asertif.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain