Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstract: Makalah ini menyelidiki bagaimana pembinaan mentor, yang ditujukan untuk
mempersiapkan calon guru bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam menghadapi praktek
mengajar nantinya, membantu mereka merancang rencana pelaksanaan pembelajaran, atau
RPP. RPP, seperti diungkap oleh Farrel (2002), adalah kumpulan atau rangkuman pemikiran
guru mengenai cakupan sebuah pembelajaran. Ini berarti bahwa sebelum mengajar, seorang
guru harus mempersiapkan langkah-langkah sistematis untuk dilaksanakan di dalam kelas
agar bisa meraih tujuan sebuah pembelajaran. Akan tetapi, kebanyakan calon guru bingung
dengan proses merancang RPP, yaitu bagaimana menjabarkan kurikulum pemerintah kedalam
detail operasional. Misalnya, mereka tidak tahu aktivitas mana yang harus dimasukkan ke
dalam RPP, dan mereka tidak mengerti cara untuk menentukan indicator atau “tujuan yang
memungkinkan” (Brown, 2007) untuk menilai capaian siswa dalam pembelajaran tersebut.
Karena itu, pembinaan mentor dipandang sebagai salah satu alternative dalam membentu
calon guru. Pembinaan mentor, seperti yang dikatakan oleh Nolan (2007) dalam Zepeda (2012,
h. 165), adalah “proses terstruktur dimana seseorang yang berpengalaman mengenalkan,
membantu, dan mendukung seseorang yang kurang berpengalaman dalam proses pertumbuhan
kepribadian dan profesi.” Dalam konteks kajian ini, orang berpengalaman mengacu pada
guru atau dosen di kelas, dan yang kurang berpengalaman mengacu pada calon guru atau mahasiswa keguruan. Kajian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Selain itu,
data diperoleh dengan menyebarkan angket dan mengumpulkan RPP para calon guru juga
wawancara. Ditambah lagi, setelah merancang RPP dengan teknik pembinaan mentor, para
calon guru diminta untuk bercermin pada proses tersebut agar memperoleh persepsi mereka
terharap teknik pembinaan mentor. Penting untuk mencari tahu apa yang mereka pikirkan dan
rasakan terhadap proses pembinaan mentor ini, karena diharapkan jenis pembinaan seperti ini
akan bermanfaat dalam membantu para calon guru untuk menulis RPP yang tepat guna.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain