Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Membaca nyaring yang dilakukan oleh anak-anak biasanya menunjukkan pola
unik sebagai bukti terjadinya proses data bahasa. Penelitian ini mengeksplorasi strategi
yang dilakukan oleh seorang anak Indonesia ketika membaca nyaring teks berbahasa
Inggris untuk mengidentifikasi kesalahan bacaan yang sebetulnya memberi dampak
positif pada proses pembelajaran bahasa Inggris anak tersebut, misalnya menebak kata
secara cerdas ketika menemukan kata-kata yang asing bagi dirinya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan seorang
anak berusia tujuh tahun, anak tersebut telah terpapar pada bahasa Inggris sejak usia 3
tahun. Data dikumpulkan melalui observasi selama anak tersebut membaca dan interviu
yang dilakukan setelah anak membaca. Data yang terkumpul tersebut saling melengkapi
sehingga memberi ruang untuk dianalisis secara mendalam. Selanjutnya, data yang ada
dianalisis menggunakan prinsip yang dikembangkan Littlewood (1984). Temuan dari data
menunjukkan bahwa anak tersbut menerapkan tiga strategi selama membaca nyaring.
Diataranya adalah overgeneralization, transferdansimplification. Ini berarti bahwa anak
tersebut menggunakan kefasihan berbicara bahasa Inggris dan kemampuan membaca
dalam bahasa Indonesia ketika memproses data bahasa dalan bahasa Inggris. Implikasi
dari penelitian ini adalah bahwa pendidik harus memperhatikan cara anak-anak
memproses bahasa yang dipelajarinya dan menyediakan lingkungan belajar yang
90
90
mendukung mereka menjadi pembaca yang baik, selain meningkatkan kesadaran pada
perbedaan bahasa pertama dan bahasa kedua atau asing.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain