Perpustakaan SMPN 1 Sindang

  • Beranda
  • login
  • visitor
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS

Iyen Nurlaelawati - Nama Orang; Shofa Dzulqodah - Nama Orang;

Membaca nyaring yang dilakukan oleh anak-anak biasanya menunjukkan pola
unik sebagai bukti terjadinya proses data bahasa. Penelitian ini mengeksplorasi strategi
yang dilakukan oleh seorang anak Indonesia ketika membaca nyaring teks berbahasa
Inggris untuk mengidentifikasi kesalahan bacaan yang sebetulnya memberi dampak
positif pada proses pembelajaran bahasa Inggris anak tersebut, misalnya menebak kata
secara cerdas ketika menemukan kata-kata yang asing bagi dirinya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan seorang
anak berusia tujuh tahun, anak tersebut telah terpapar pada bahasa Inggris sejak usia 3
tahun. Data dikumpulkan melalui observasi selama anak tersebut membaca dan interviu
yang dilakukan setelah anak membaca. Data yang terkumpul tersebut saling melengkapi
sehingga memberi ruang untuk dianalisis secara mendalam. Selanjutnya, data yang ada
dianalisis menggunakan prinsip yang dikembangkan Littlewood (1984). Temuan dari data
menunjukkan bahwa anak tersbut menerapkan tiga strategi selama membaca nyaring.
Diataranya adalah overgeneralization, transferdansimplification. Ini berarti bahwa anak
tersebut menggunakan kefasihan berbicara bahasa Inggris dan kemampuan membaca
dalam bahasa Indonesia ketika memproses data bahasa dalan bahasa Inggris. Implikasi
dari penelitian ini adalah bahwa pendidik harus memperhatikan cara anak-anak
memproses bahasa yang dipelajarinya dan menyediakan lingkungan belajar yang
90
90
mendukung mereka menjadi pembaca yang baik, selain meningkatkan kesadaran pada
perbedaan bahasa pertama dan bahasa kedua atau asing.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
Reading Interest and Habits/Kebiasaan Membaca, Minat Baca
No. Panggil
501 IYEN r
Penerbit
bandung : upi.edu., 2014
Deskripsi Fisik
Hlm 168.;20cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
501
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
volume 3, Nomor 2 Januari 2014
Subjek
Politik Pemerintahan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Iyen Nurlaelawati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • READING ALOUD STRATEGIES IN READING ENGLISH TEXTS
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan SMPN 1 Sindang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?