Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Penelitian ini melaporkan penelitian tentang pemahaman siswa pada pemakaian nominalisasi dalam teks ilmiah. Nominalisasi, dikatakan mendominasi bahasa ilmiah, didefinisikan sebagai pembentukan kata benda yang berasal dari selain kata benda, misalnya kata kerja dan kata sifat. Suatu pertanyaan mengemuka tentang berapa tingkat pemahaman mahasiswa terhadap pemakaian nominalisasi pada teks ilmiah. Data diambil dari 20 mahasiswa Politeknik yang berlatar-belakang pendidikan keteknikan. Beberapa data diantaranya disajikan dalam bentuk angka, walaupun pada dasarnya studi ini adalah kualitatif. Data diperoleh dengan mengadakan tes yang menguji pemahaman mahasiswa tentang nominalisasi dan dengan wawancara. Data dianalisa dengan menggunakan framework of nominalising metaphor. Temuan dari studi ini ialah bahwa pemahaman siswa terhadap nominalisasi berada pada tingkat menengah, yaitu 65%, sedikit di atas rata-rata. Studi ini menyimpulkan bahwa bagi mahasiswa Politeknik, tingkatan pemahaman terhadap nominalisasi ini tidak cukup memadai untuk memahami teks ilmiah. Sebagai konsekuensinya, sebagaimana yang dinyatakan saat diwawancara, mereka mengalami kesulitan memahami buku teks yang berbahasa Inggris. Studi ini merekomendasikan bahwa bagi mahasiswa Politeknik kemampuan grammar perlu ditingkatkan dengan explicit teaching, khususnya dengan topik bahasan tentang nominalisasi. Diharapkan, dengan adanya peningkatan pemahaman tentang nominalisasi maka pemahaman terhadap teks ilmiah akan meningkat pula.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain