Text
RESEPSI KESADARAN BERBAHASA SECARA KRITIS DALAM AKTIVITAS PENULISAN FIKSI GURU DAN SISWA
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan resepsi kesadaran berbahasa secara kritis (Critical Language Awareness) dalam proses penulisan karya fiksi pada guru dan siswa SMA se-DIY. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang didukung data kualitatif hasil Focus Group Discussion (FGD). Subjek penelitian adalah guru dan siswa SMA se-DIY. Analisis data dalam proses pemaknaan karya guru dan siswa berdasarkan unsur-unsur CLA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa‘resepsi kesadaran berbahasa secara kritis guru dan siswa dalam menulis fiksi tercermin dalam proses maupun hasil. Guru masih kurang optimal dalam pengembangan metode, pemanfaatan media, dan pemilihan sistem penilaian dalam pembelajaran penulisan fiksi. Sebagian besar karya siswa belum menampakkan kesadaran pentingnya kekuatan bahasa dan posisi diri sebagai penulis.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain