Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Bersamaan dengan reformasi pendidikan bahasa Inggris di Cina sejak tahun 2001,
pengajaran bahasa komunikatif dan berbasis tugas (TBLT) telah muncul di kelas-kelas bahasa
Inggris Cina. Untuk memahami praktek pengajaran TBLT di Cina, sebuah kajian sintesa
dilakukan untuk menganalisis situasi dan rintangan terkini TBLT di Cina selama sepuluh
tahun terakhir ini berdasarkan artikel-artikel mengenai TBLT (2001-2011) yang diterbitkan di
jurnal dan surat kabar pendidikan Cina. Kajian ini menunjukkan bahwa ada pertanyaan dan
kritik terhadap efektivitas TBLT di kelas-kelas pengajaran bahasa asing, meskipun jumlah
penelitian dalam TBLT di Cina mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Ditemukan juga
bahwa rintangan yang dihadapi TBLT bisa dikarenakan beragam faktor, seperti tidak adanya
pelatihan yang profesional dan sistematis, sedikitnya pengetahuan tentang perkembangan
terbaru dalam TBLT, perbedaan pada kecakapan bahasa Inggris siswa, jarak antara tingkatan
pendidikan lokal, tidak cukupnya dana pendidikan juga kesalahpahaman dan kesalahan
praktek TBLT. Karena itu, cara untuk mengadaptasi dan melokalkan TBLT di Cina telah
menjadi perhatian utama para peneliti dan pendidik juga guru. Untuk mengatasi masalah
tersebut, makalah ini memberikan beberapa saran untuk melokalkan TBLT dalam konteks
Cina, yang menaruh perhatian pada: (1) rancangan tugas; (2) perpaduan tugas target dan tugas
pedagogik; (3) keseimbangan antara makna dan bentuk; (4) tugas untuk kelas-kelas besar; (5)
pengembangan buku teks berbasis sekolah; dan (6) penggabungan tugas dan prinsip-prinsip
mengajar lainnya. Pendekatan kontekstual terhadap TBLT seperti itu bisa memberikan acuan
untuk kontek-konteks lain yang sama dengan konteks di Cina.
Kata kunci: TBLT di China; hambatan; konteks Cina
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain