Text
A CASE STUDY OF FORMATIVE ASSESSMENT IN A CHINESE HIGH SCHOOL
Abstrak: Dewasa ini di China, penilaian sekolah menengah atas didasarkan hanya pada nilai
ujian akademis, yang mengambil alih penilaian lengkap yang seharusnya diberikan pada
siswa. Penilaian yang ada mengabaikan perbedaan diantara individu siswa dan melawan
semangat yang berorientasi pada individu, sehingga tidak ilmiah. Penilaian satu sisi ini
telah menimbulkan banyak efek negatif pada siswa dan masyarakat, dan tidak bermanfaat
bagi kebaikan siswa. Penulis melakukan kajian terhadap metode penilaian formatif dengan
menggunakan Portfolio for keeping a record of English learning while growing up untuk
mengubah situasi kini siswa yang lelah belajar karena nilai rendah. Penilaian itu memberi
kesempatan siswa untuk memahami bahwa nilai rendah mereka bukan karena mereka tidak
berbakat untuk belajar bahasa, sehingga membuat mereka tidak mau belajar bahasa Inggris
(Ames 1992; Vispoel & Austin 1995). Penelitian ini meneliti pandangan 122 siswa sekolah
menengah kelas 11 terhadap metode penilaian formatif dan peningkatan mereka dalam nilai
ujian melalui penilaian tersebut selama masa satu sampai dua tahun. Data kualitatif dan
kuantitatif dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Semua data menunjukkan dan
membuktikan bahwa siswa yang telah dinilai menggunakan penilaian formatif senang pergi
ke sekolah dan menghasilkan kemajuan yang lebih banyak dibanding mereka yang dinilai
dengan penilaian sumatif. Penilaian formatif ini disambut hangat oleh para siswa, baik
mereka yang tingkat bahasa Inggrisnya rendah maupun tinggi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain