Text
INDONESIAN JOURNAL OF APPLIED LINGUISTICS
Abstrak: Kajian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengajaran katakunci
sinonim, antonim, dan kata yang berkaitan dalam text terhadap kemampuan pemahaman
bacaan TOEFL pembelajar EFL di Iran. Dalam kajian ini, 60 pembelajar EFL yang
mengikuti kelas persiapan TOEFL dipilih sebagai peserta penelitian. Para peserta
kemudian ditempatkan secara acak ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok
pembanding. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan meliputi kata kunci sinonim,
antonim, dan terjemahannya dalam text, sementara kelompok pembanding diberikan
perlakuan berbeda (placebo). Untuk mendapatkan data kajian, dua instrument (pre-tes
dan post-tes) diberikan kepada dua kelompok tersebut selama eksperimen. Kemudian,
nilai-nilai para siswa dikumpulkan melalui pelaksanaan tes yang berbeda dan hasilnya
dianalisis secara statistik. Hasil dari analisis ini membuktikan bahwa kelompok
eksperimen lebih baik dari kelompok pembanding sehingga dapat disimpulkan bahwa
pengajaran kata kunci sinonim, antonim, dan kata yang berkaitan dalam text dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan dan kecakapan umum pembelajar bahasa
Inggris sebagai bahasa asing (EFL).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain